Hamiruddin Jadi Rebutan Orang Tua Anak di Kegiatan Milad Barata Kahedupa Ke 763

Rustam

9/17/20232 min read

WAKATOBI, Bursabisnis.id – Ketua DPRD Wakatobi H. Hamiruddin menjadi rebutan para orang tua ibu-ibu di kegiatan ulang tahun Barata Kahedupa ke-763 dalam rangka pesta Adat Karia’a yang digelar di Pulau Kehedupa.

Pesta Adat Karia’a adalah pesta adat kemenangan islam di kerajaan kahedupa.

Pesta adat karia’a pertama kali digelar di tahun 1260 Masehi atau 681 Hijriah pada saat pemekaran payung kerajaan pada penempatan raja atau Waopu Kahedupa pertama yang bernama Muhammad Umar Muhdar atau Muhammad Bangi Tongka Alamu serta permaisurinya yang bernama Bahni atau Ratu Wa Pae Paengu.

Puncak pesta adat karia’a ditandai dengan arak-arakan henangkara moane dan henangkara wowine yang diikuti dengan peserta karia’a lainnya yang digelar selama dua hari berturut-turut

Ketua DPRD H. Hamiruddin bersama rombongan didampingi Wakil Ketua La Ode Nasrullah juga ikut pada barisan arak-arakan henangkara moane dan menyusul wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud di barisan yang sama setelah beberapa waktu berjalan.

Pada prosesi kegiatan berlangsung, Ketua DPRD Wakatobi H. Hamiruddin menjadi rebutan para orang tua pada pelaksanaan akika masal dan proses adat helanda futa.

Adat helanda futa dimaksudkan sebagai penanda seorang anak sudah bisa menginjakan kakinya di tanah untuk berjalan.

Orang tua dari peserta adat karia’a kebanyakan memilih H. Hamiruddin dimaksudkan agar awal perjalanan anak-anak mereka menginjakan kaki di dunia ini, dikemudian hari bisa menjadi sukses seperti Perjalanan hidup H. Hamiruddin.

Meski menjadi rebutan, H. Hamiruddin secara tuntas melaksanakan keinginan para orang tua peserta adat karia’a tanpa melewatkan satu orang pun.

Ia berharap, pesta adat karia’a bukan hanya sekedar acara pesta, tetapi filosofi dari adat tersebut terus dilestarikan dalam kehidupan masyarakat.

” Harapan kita, filosofi dari pesta adat ini dapat di lestarikan dan di terapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, itu luar biasa, ” ujar H. Hamiruddin, minggu 17 September 2023.

Ia juga mengapresiasi Barata Kehedupa yang di pimpin La Kina Kahedupa atas penyelenggaraan Pesta adat karia’a yang merupakan rangkaian dari milad Barata Kahedupa yang ke-763, dengan segala keterbatasanya mampu diselenggarakan dengan sukses.

H. Hamiruddin menyampaikan kepada seluruh masyarakat kahedupa untuk tetap menjaga kelestarian adat Barata Kahedupa sebagai filosofi sebuah tatanan kehidupan sosial yang menjadi kebanggaan, simbol keaneka ragaman budaya Wakatobi baik secara lokal maupun nasional.

Sumber

Contact us

Whether you have a request, a query, or want to work with us, use the form below to get in touch with our team.