Apresiasi Festival Kabuenga, Ketua DPRD Wakatobi Minta Pemda Anggarkan Di APBD

Admin

8/28/20232 min read

WAKATOBI, SIBERTIMUR.COM- Masyarakat Pulau Kapota Kecamatan Wangi-wangi Selatan Kabupaten Wakatobi menggelar festival adat kabuenga , mulai dari tanggal 20 hingga 26 Agustus 2023.

Kabuenga merupakan tradisi masyarakat kabupaten Wakatobi, khususnya di Wangi-wangi dalam mencari jodoh, dimana para muda-mudi yang sudah beranjak dewasa dipertemukan dalam tradisi tersebut.

Muda-mudi yang menemukan jodohnya saat acara tersebut akan di ayunkan.

Kabuenga yang berarti ayunan ini dibuat oleh tokoh adat dengan ukuran yang cukup besar dan tinggi. Setidaknya dalam ayunan itu bisa duduk dua orang muda mudi yang ingin dijodohkan.

Dalam tradisi kabuenga ini banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan, mulai dari melantunkan syair kadandio.

Syair kadandio memiliki makna tentang petuah dan nasihat bagi para kaum muda-mudi yang sudah menginjak dewasa dalam merangkai bahtera rumah tangga nantinya.

Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi, Hamiruddin mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memaknai kabuenga tidak hanya sekedar seremonial budaya, namun dibalik seremonial tersebut, ada nilai-nilai dasar yang patut kita jaga bersama, yakni tentang silahturahmi, rasa saling menghargai dan semangat untuk saling berbagi.

“Kenapa nilai dasar itu penting untuk kita jaga, karena pada hakekatnya, nilai–nilai dasar itulah yang seharusnya menjadi modal bersama kita untuk membangun kembali Wakatobi.” Pengungkapannya

Hamiruddin menjelaskan, sebagai daerah wisata maka melalui kabuenga ini dituntut untuk bisa mempertontonkan kebersamaan, kepada siapa pun yang menjadi tamu di daerah ini.

“Oleh karena itu, melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh keluarga saya di Kapota raya, untuk menjadikan kabuenga ini sebagai ajang mempererat hubungan antara satu dengan yang lainnya.” Terangnya

Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh tokoh adat dan pemuda serta panitia yang telah menginisiasi festival kabuenga ini, sekaligus mengajak untuk selalu berperan aktif sebagai pilar dalam menjaga kelestarian nilai-nilai budaya Wakatobi.

Ia berharap, agar kegiatan seperti ini dapat di lirik Pemda Wakatobi dan dapat dianggarkan melalui APBD Wakatobi agar panitia tidak direpotkan dengan membuat proposal untuk mencari dana.

“Saya ucapkan selamat berkadhandio, jaga kebersamaan dan persaudaraan, agar Kapota raya bisa memberi kontribusi untuk kejayaan Wakatobi kedepannya.” terangnya

Bupati Wakatobi Haliana meminta, agar kepala Dinas Pariwisata dapat memasukan kegian ini dalam kalender acara, dan dapat dianggarkan melalui APBD Wakatobi.

Meantuu (ketua adat) Kapota Laode Harufi dalam Berbagainya menjelaskan, tentang pentingnya saling menghargai serta melakukan hal-hal yang baik untuk daerah.

Ia juga berpesan, kepada seluruh masyarakat Wakatobi khususnya Kapota agar tetap menjaga persatuan.

Sumber

Contact us

Whether you have a request, a query, or want to work with us, use the form below to get in touch with our team.